See Jogja, different way!!

Just another Jogja

Masakan Manado?? Hmmm…

Posted by via fairy on August 5, 2008

Ngomongin soal kuliner Jogja ternyata gak melulu soal gudeg…gudeg…gudeg…Saking banyaknya pelajar yang hijrah ke Jogja, makin banyaklah variasi kuliner Jogja. Salah satunya masakan Manado.

Masakan Manado itu beda banget ma kuliner Jogja yang cenderung manis en gak pedes-pedes banget. Kalo masakan Manado, biasanya pedes (uuhhh…) trus berempah gitu (intinya spicy…).

Ada beberapa warung makan yang nyediain masakan Manado di Jogja benernya, tapi aku mo nulis salah satunya aja…Dapur Manado…Tempatnya ada di Melati Kulon no. 22 Baciro. Rada susah nerangin tempatnya ke orang yang gak tau Jogja neh. Jadi, kalo dari Mandala Krida, kan ada perempatan tuh, pilih jalan yang ke utara…terussss….nemu perempatan lagi, belok ke kanan. Dapur Manado ada di sebelah kiri. Tempatnya kayak rumah biasa gitu, cuma ada plangnya yang nyebutin kalo itu rumah makan. Interiornya (perlu disebutin gak?) banyak pernak-pernik khas Belanda (entah kenapa…disini juga jual kue “klappertart”-piye seh nulisnya, pokoknya itu, bukannya itu juga dulu dari Belanda ya?)

neh, salah satu desing interiornya...ala Belanda gitu kan..

Menu yang ada di tempat ini…standart…kayak rumah makan Manado biasanya…aneka ikan ato seafood woku (apa ya ini, pokoknya dimasak pake aneka bumbu, rasanya pedes, gurih). Trus sup kacang merah en ikan kakap, trus aneka tumis, trus rica-rica. Kalo ke sini cobain deh tumis campur (ini tumis daun pepaya, bayam sama jagung, enak lho, gak pahit juga kok).

Harga rata-rata semua makanan disini, antara 25 ribu, sampe yang paling murah 2000 (telor dadar or ceplok). Tapi, jangan lupa, ada taxnya juga, standart, 10%. Trus apa lagi ya?? Hmmm…itu dulu deh kayaknya…sekian laporan dari Dapur Manado…c yaa…

About these ads

9 Responses to “Masakan Manado?? Hmmm…”

  1. nana said

    soalnya klappertaart kan emang makanan khas manado..

  2. igie mahardika said

    ni yang punyanya putri meirika yosina haryaningtyas bukan sih…..klapertar makanan belanda….tapi memang di meanado belanda kental banget….mungkin di adopsi kali ya….di bandung juga keturunan belanda banyak yang usaha klapertart

  3. kita said

    Klapertaart itu asli Manado. Namanya doang yang berbau Belanda, secara orang Belanda yang gua suguhin terkagum-kagum sama yang namanya klapertaart:D. Mungkin penggunaan nama disesuaikan dengan pemakaian beberapa bumbu yang biasa dipakai di kue-nya orang Belanda, termasuk keharuman kulit manisnya. Itulah pintarnya pencipta resep ini (gua sendiri kagak ngerti siapa) yang bisa memadukan lidah timur (dari kelapanya) dengan lidah Belanda (di pemakaian bumbu spekulaas).

  4. Surya Lesmana said

    Dapur Manado, jogja masakannya emang enak banget, walaupun kalau dibanding beberapa RM manado lainnya yang ada di Jogja, harga di dapur Manado tergolong mahal, tapi sebanding dengan rasanya…..
    pengen ke sana lagi……

  5. Opa said

    Kalo Dapur Manado memang 100% halal. Tidak ada B1 dan B2. Kalo mau B1 dan B2, coba di Kawanua. Tapi menurut opa, yang paling enak itu yang di Lokon Manado. Tempatnya, timur Ambbarukmo Plaza. Nanti pas belokan kedua, ke arah STIE YKPN, masuk ke kiri. Cari hotel Telaga Biru. Nah, Rumah Makan Lokon Manado ada 100 meter utara Hotel Telaga Biru itu.

  6. hendrie said

    kalo saya kuliah di jogja waktu tahun 1999 suka makan di rumah makan kawannua,..itu rumah makan khas manado pertama di jogja rasanya enak banget apalagi babi panggangnya nggak ada ditempat lain pokoknya beda dan maknyuuss. tapi katanya cabang barunya di rumah makan cakalele di janti. pokoknya tanya aja rumah makan khas manado dijogja pasti ditunjuk di kawannua alamatnya di badran aku lupa nmrnya.

  7. lucky said

    Lokasi:
    Badran Jt/I 969, Jl. Solo (Samping Kanan Saphir Square), Jl. Raya Janti (Jembatan Layang)
    Yogyakarta, Indonesia
    Telepon:
    0274-548757, 0274-518921, 0274-488850

    RM. KAWANUA & RM. CAKALELE
    __________________________________

    * DESCRIPTION:
    Presenting original Manado Food & Minahasa cuisine prepared with distinctive spices that have different tastes than others and that tailored tempting with all the tongue in terms of taste and aesthetics …
    Exploit the best ingredients and processed in the traditional style minahasa.
    in RM Kawanua and RM Cakalele, you’ll enjoy how good and how rich culinary food from the minahasa’ land and manado.

    Buffets to receive a package of graduation, birthday, Arisan, Meeting, Thanksgiving / Worship. Room Facilities: Fully air-conditioned, Sound System, Karaoke, LCD Projector, Live Music.Layanan :
    Menerima Reservasi
    Menerima Datang Langsung
    Baik Untuk Grup
    Baik Untuk Anak-Anak
    Bawa Pulang
    Pesan-Antar
    Katering
    Jasa Pelayan
    Tempat Duduk Luar Ruangan
    Keahlian:
    Sarapan
    Makan Siang
    Makan Malam
    Kopi
    Minuman

  8. Yohanes Wahyu Saronto said

    Ya yang punya si Putri Meirika mukanya kayak belande juga karena mpoknya anak belande manado. enak bener tuh kepale ikannya dimasak pedes…

  9. Heya i’m for the primary time here. I found this board and I in finding It really useful
    & it helped me out a lot. I hope to present one thing again and aid others like you
    helped me.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: